TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013
Seperti yang
dikemukakan di berbagai media masa, bahwa melalui pengembangan kurikulum 2013
kita akan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, inovatif, kreatif,
afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang
terintgrasi. Dalam hal ini, pengembangan kurikulum difokuskan pada pembentukan
kompetensi dan karakter peserta didik, berupa panduan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat
didemonstrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang
dipelajarinya secara kontekstual. Kurikulum 2013 memungkinkan para guru menilai
hasil belajar peserta didik dalam proses pencapaian sarana belajar, yang
mencerminkan penguasaan dan pemahaman terhadap apa yang dipelajari. Oleh karena
itu, peserta didik perlu mengetahui kreteria pneguasaan kompetensi dan karakter
yang akan dijadikan standar penilaian hasil belajar, sehingga para peserta
didik dapat mempersiapkan dirinya melalui penguasaan terhadap sejumlah
kompetensi dan karakter tertentu, sebagai persyaratan untuk melanjutkan ke
tingkat penguasaan kompetensi dan karakter berikutnya.
Mengaju pada
penjelasan UU No. 20 Tahun 2003, bagian umum dikatakan, bahwa: “strategi
pembangunan pendidikan nasional dalam undang-undang ini meliputi”...,2.pengembangan
dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi...,” dan penjelasan pada
pasal 35, bahwa “ kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan
yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterempilan sesuai dengan standar nasional
yang telah disepakati.” Maka diadakan perubahan kurikulum dengan tujuan
untuk “melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah
dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan secara terpadu”.
Untuk mencapai
tujuan tersebut menuntut perubahan pada berbagai aspek lain, terutama dalam
implementasinya di lapangan. Pada proses pembelejaran, dari siswa diberi tahu
menjadi siswa mencari tahu, sedangkan pada proses penilaian, dari berfokus pada
penilaian output menjadi berbasis kemampuan melalui penilaian proses,
portofolio dan penilaian output secara utuh dan menyeluruh, sehingga memerlukan
penembahan jam perlajaran.
"PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013" (Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd)
"PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013" (Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ucapkan Salam