27 Januari 2015

ANALISIS MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

ANALISIS MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (TARIKH)
NAMA: NASRUDIN
NIM: 20120720089
Buku Sejarah Kebudayaan Islam SMA/SMK/MA Muhammadiyah
1.      Analisis materi dalam buku SMA Muhammadiyah kelas X kurikulum 2006 dan kurikulum 2013




a.       Analisi Materi kurikulum 2006
Dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam, untuk MA kelas X, karangan Taman,S.Ag.,M.Ag. Yang diterbitkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada bab atau pelajaran 2, mengenai Metode Dakwa Nabi Muhammad SAW.
Kompetensi Dasar
Indikator
Memahami dan menghayati metode dakwah Nabi Muhammad SWA dan dapat mengambil hikmahnya serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Menjelaskan metode dakwah Nabi Muhammad SAW dan landasannya.
2.      Menerangkan obyek dakwah baik Nabi Muhammad SAW.
3.      Menjelaskan metode lemah lebut dan keras-tegas, serta landasanya.
4.      Menjelaskan metode kasih sanyang dan keras-tegas.

Materi yang ada dalam buku dibab ini adalah sebagai berikut:
1). Indzar (memberikan peringatan)
Indzar adalah penyampaian dakwah yang isinya berupa peringatan terhadap manuisa tetang adanya kehidupan akhirat dengan segala konsekuensinya.
2). Tabsyir (menggembirakan)
Tabsyir adalah penyampaian dakwah berisi kabar-kabar yang menggembirkan bagi orang-orang yang mengikuti dakwah.
3). Rifq wa lin (kasih sayang dan lemah lembut)
Nami Muhammad saw juga menggunakan teknik Rifq wa lin (kasih sayang dan lemah lembut). Metode ini digunakan, jika Nabi berhadapan dengan orang-orang yang budayanya masih rendah.
4).Taisir (memberikan kemudahan)
Agama yang didakwahkan Nabi Muhammad SAW sarat dengan kemudahan-kemudahan.
5). Syiddah (tegas dan keras)
Disamping sikap-sikap yang lemah lembut dan tidak mempersulit, pada saat-saat tertentu Nabi saw juga menunjukkan sikap yang tegas dan keras.
6).Hujum wa Fa’al (Ofensife dan Aktif)
Dari segi keabsahan, kata dakwah berasal dari kata kerja da’a: da’a-yad’u da’wah.
Dalam pembahasan yang ada dalam bab ini menurut analisis saya, materi yang ada sudah cukup baik dan sudah mampu memahamkan siswa mengenai metode-metode ceramah yang baik yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam aspek psikologis juga sudah cukup baik, sehingga materi yang diajarkan bisa diterima oleh siswa dengan baik. Akan tetapi keluasan dan kedalam materi yang ada bab ini kurang, sehingga nantinya akan mempenguri kemampuan anak didik, akan tetapi kembali kedalam masalah psikologi dan jenjang peserta didik karena peserta didik masih kelas x maka ini secara keseluruhan dalam bab sudah cukup baik.
b.      Analisi Materi Madrasah Aliyah Kurikulum 2013
Dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam, untuk MA kelas X, mengenai perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW Periode Madinah.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengemalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja keras, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berintraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam semesta dalam menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duni.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradabadan terkait penyebab fenomena dan kajian, serta menereapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
1.      Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
2.      Menghayati prilaku istiqomah perjuangan Rasulullah Saw. Dalam berdakwah.
3.      Meneladani sikap istiqamah Rasulullah Saw. Dalam melaksanakan beirbadah.
4.      Meneladani sikap istiqamah Rasulullah Saw. Pada saat memimpin perang Badar.
5.      Memahami subtansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. Pada periode madinah.
6.      Mengedintifikasi faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah Saw. Kemadinah.
7.      Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Rasulullah Saw. Pada periode Islam di Madinah.
8.      Mengidentifikasi Faktor-faktor keberhasilan Fathul Mekkah tahun 9 hijriyah.
9.      Memahami keberhasilan Rasulullah Saw. Dalam perang Badar.
10.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengertahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
11.  Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
12.  Menceritakan pristiwa hijrahnya Rasulullah saw. Ke Madiunah.
13.  Membuat peta konsep mengenai kunci keberhasilan dakwah Rasulullah Saw. Baik priode Mekkah maupuub Madinah.


Materi yang terdapat dalam kurikulum 2013 bab ini antara lain:
a.       Mari Mengamati
b.      Mari Bertanya
c.       Mari Tambah Wawasanmu
1). Faktor-Faktor Penyebab Hijrah Rasulullah Saw. ke Madinah
2). Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah Saw pada Periode Madinah
3). Kebijakan pemerintahan Rasulullah Saw pada periode Islam di Madinah
4). Faktor-faktor Keberhasilan Fathul Mekkah Tahun 9 Hij riyah
5). Wafatnya Rasulullah Saw.
6). Tanggapan Kaum Muslimin Tentang Wafatnya Rasul Saw
7). Perkembangan Islam Sepeninggalan Rasulullah Saw
d.      Mari Berdiskusi
e.       Mari Menghubungkan dan Menalar
f.       Mari Bercerita
g.      Mari Merenung Sejenak
h.      Mari Merefleksikan Diri
i.        Rencanakan Aksimu
j.        Mari Baca lagi Rangkuman
k.      Mari Asah lagi Kompetensimu
Dalam bab ini materi yang membahas mengenai dakwah Nabi Muhammad SAW dikemas lebih mendalam dan meluas dari kurikulum 2006 (KTSP), sehingga siswa mempunyai pengetahuan yang lebih luas dan lebih mendalam mengenai bab dakwa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya materi yang sangat luas dan mendalam dalam bab ini melainkan metode pembahasan yang digunakan sangatlah baik, sehingga apabila siswa yang kurang aktif bisa lebih cepat untuk memahami karena bantuan dalam pemaparan dan konsep-konsep yang ada pada bab didalam buku ini. Dalam materi yang ada didalam bab ini juga disertakan beberapa gambar yang berkaitan dengan materi sehingga siswa lebih mudah dalam memahai dan mengerti apa yang ada dalam pembahasan dalam buku ini. Untuk masalah kesesuaian materi dengan psikologis anak menurut saya tidak ada masalah walaupun materi dalam bab ini cukup banyak daripada materi yang ada dalam kurikulum 2006, akan tetapi dalam materi kurikulum 2013 sagat sistematis dan mudah untuk dipahami tanpa mengabaikan keluasan dan kedalam materi yang akan diajarkan kepada para siswa.
2.      Analisi matarei SKI dengan perbandingan keluasan dan kedalaman, kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
a.       Kedalam dan Keluasan materi SKI kurikulum 2006
Melihat materi yang dituliskan dalam SKKD, materi ini kurang begitu luas untuk dipelajari oleh siswa MA kela X. Karena mengingat usia MA adalah usia yang ingin mengetahui berbagai ilmu secara luas. Yang ditekankan dalam bab ini keluasan materinya hanya sebatas pengertahuan dasarnya. Yang terpenting adalah siswa mampu mencapai indikator dari bab ini. Akan lebih baik ketika guru menyarankan kepada siswanya untuk membaca buku sejarah kebudayaan islam selain buku ajar sebagai keluasan pengetahuan, supaya tidak terpaku pada bahan ajar yang hanya itu saja.
Melihat materi yang ada dalam SKKD, menurut saya materi yang ada dalam bab ini belum mendalam karena hanya membahas sebatas pengetahuan umum yang sudah sering siswa dengar karena diusia anak MA seharusnya materi yang diberikan lebih mendalam karena siswa membutuhkan pemaham-pemahaman yang lebih mendalam yang nantinya berpengaruh terhadapa psikologis anak, seharusanya materi-materi tersebut ditambah sehingga bisa lebih memperdalam materi.
b.      Kedalam dan Keluasan materi SKI kurikulum 2013
Dilihat dari materi yang tertera pada kurikulum 2013 bab III yang dituliskan dalam SKKD,  menurut analisis saya mengenai materi yang ada pada bab ini sudah sangat bagus dan sudah sangat luas untuk dipelajari oleh siswa MA kelas X karena pada dasarnya para siswa MA sudah terbiasa belajar mengenai ilmu yang bersangkutan dengan keagamaan, sehingga materi yang terdapat pada bab ini sangatlah bagus untuk dipahami oleh siswa-siswi tersebut. Yang terpenting adalah siswa dapat mencapai indikator-indikator yang terdapat pada bab ini, karena dalam indikator dapat dilihat keluasan materi yang dibahas dalam bab ini. Dengan keluasan materi yang ada siswa mampu menambah pengetahuan yang lebih banyak lagi dan mempermudah siswa untuk mengerti apa saja yang dibahas dalam materi ini. Keluasan materi juga didukung dengan adanya metode-metode yang diterapakan dalam bab ini untuk mengetahui dan memahami materi yang ada.
Menurut saya mengenai kedalam materi yang ada pada bab ini sangat baik, karena pada usia anak MA sudah mampu berfikir kritis dan mendalam mengenai materi-materi yang didapatkanya tanpa terkecuali materi Sejarah Kebudayaan Islam. Kedalam materi bisa dilihat dari sistematika penyampaian dan konsep-konsep yang disampaikan dalam bab ini sehingga materi yang ada menjadi lebih dalam dan lebih luas untuk dipelajari.
3.      Analisis Buku Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 mengenai Kedalam dan Keluasan materi yang ada pada kedua kurikulum tersebut.
Dalam buku sejarah kebudayaan islam kurikulum 2006 mengenai kedalam dan keluasan materi yang ada menurut analisis saya, bahwa materi yang terdapat dalam buku kurikulum secara keseluruhan masih sangat umum sehingga keluasan dan kedalam materi yang ingin dicapai belum maksimal terpenuhi. Materi yang ada dalam buku ini menurut saya masih sangat kurung apabila diberikan kepada siswa di jenjang Madrasah Aliyah mengapa demikian, karena pada dasarnya Madrasah Aliyah mempunyai dasar agama yang mungkin dipelajaran lain juga disampaikan mengenai materi-materi yang hampir sama dengan materi yang ada sehingga materi yang ada pada kurikulum belum mampu memenuhi kedalam dan keluasan materi yang diinginkan.

Dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2013 mengenai kedalam dan keluasan materi yang ada dalam buku ini, menurut analisis saya materi yang ada sudah memiliki kedalaman materi dan keluasan materi, kedalam dan keluasanya bisa dilihat dari tiap-tiap materi selalu memberikan pembahasan yang lebih detail dari pembahasan umum sampai pembahasan yang sangat khusus sehingga dengan demikian kurikulum 2013 ini sudah memiliki kedalaman dan keluasan materi. Sehingga bisa dikatakan bahwa materi yang terdapat dalam buku kurikulum 2013 lebih baik daripada kurikulum 2006 dalam aspek kedalam dan keluasanya dan faktor lainya yang menurut saya lebih baik dari materi kurikulum sebelumnya.

1 komentar:

Ucapkan Salam