30 Desember 2014

Definisi Belajar

TUGAS ESAI
NASRUDIN (20120720089)
PAI B
SEMESTER V
BELAJAR
Belajar merupakan kegiatan yang mempunyai tujuan, berawal dari kita yang belum bisa bahkan tidak mungkin bisa kita lakukan, akan tetapi setelah kita mempunyai kemauan untuk belajar mengenai hal-hal yang tidak mungkin kita capai atau inginkan maka lambat laut kita akan menuai hasil yang sangat memuaskan yaitu kita bisa mendapatkan apa yang tadinya tidak mungkin untuk di dapatkan. Belajar merupakan kegiatan yang bisa dikatakan sepele dan membosankan, akan tetapi dari anggapan tersebut ada manfaat yang sangat luar biasa yaitu mampu membuat kita bisa mengetahui sesuatu yang awalnya kita tidak tau dan bahkan tidak mungkin bisa kita lakukan dan kita ketahui.

            Dalam dunia pendidikan kata belajar merupakan suatu unsur yang sangat penting, bagaimana tidak semua kegiatan yang selalu dilakukan dalam dunia pendidikan hanyalah belajar-belajar dan belajar. Belajar sangat identik dengan kalangan kegiatan yang selalu sama yaitu membaca, mendengarka, melihat dan terjun langsung ke lapangan, semua itu dilakukan semata-mata hanya untuk belajar dan belajar. Bisa dikatakan bahwa belajar itu sangat membosankan bagaimana tidak, dari mulai kita bisa berbicara sampai kita matipun kita akan selalu belajar akan tetapi dalam tulisan ini akan membahas mengenai belajar yang secara formal yaitu dalam dunia pendidikan secara khusus.
            Dalam hal ini saya akan sedikit membahas belajar dalam taraf sekolah dasar SD sampai SMA saja, mengapa demikian? Karena menurut saya belajar di masa-masa itu sangatlah penting karena jenjang pendidikan SD-SMA merupakan awal untuk kita mengetahui ilmu-ilmu yang lebih luas lagi nantinya jika sudah melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.
            Belajar, kebanyakan siswa sangat sulit untuk melakukan kegiatan yang satu ini, banyak alasan yang membuat siswa-siswi malas untuk belajar, mulai dari kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, hingga yang sangat mendasar adalah siswa-siswinya itu sendiri yang belum bisa menanamkan kegiatan yang sangat bermanfaat itu. Banyak siswa-siswi yang belajar jika besoknya ada ulangan atau praktik saja, jadi hasil yang didapatpun kurang bisa maksimal karena belajarnya saja hanya semalam. Pada umumnya jika siswa-siswi ingin mendapatkan sesuatu yang bermanfaat nantinya mulai pada diri sendiri, mulai belajar walau hanya dalam waktu 15 menit akan tetapi ini harus dilakukan setiap hari agar kemampuan otak kita semakin bagus dan bisa mendapatkan suatu hasil yang sangat memuaskan.
            Semestinya belajar itu sudah menjadi kebiasaan yang sering di lakukan oleh seluruh siswa-siswi yang sedang menempuh dunia pendidikan agar setelah selesai pada jenjang tertentu nantinya bisa membantu kita untuk belajar pada jenjang berikutnya. Belajar merupakan kunci untuk kita membuka dan menambah wawasan kita mengenai ilmu-ilmu yang ada dan bisa mengembangkan ilmu-ilmu tersebut karna pada awalnya belajar merupakan tujuan, tujuan untuk meraih pemaham dan pengetahuan yang lebih baik dari jenjang-jenjang pendidikan yang kita lewati.
            Jika kita sebagai siswa-siwsi berani memaksa diri kita masing-masing untuk belajar insaallah kita akan menjadi orang yang cerdas dan pandai. Belajar dengan sungguh-sungguh dan semangat akan semakin membuat kemampuan berfikir kita semakin terasah dan semakin terampil dalam pemikiran. Memaksakan sesuatu yang baik itu tidak mendapatkan dosa ataupun kerugia melainkan akan mendapatkan manfaat dan hikmahnya seperti kita memaksa diri kita untuk belajar lebih tekun.
            Kesimpulan dari tulisan di atas adalah jika kita mempunyai tujuan dalam dunia pendidikan kususnya maka kita harus giat dalam belajar, karena belajar merupakan suatu yang sangat menentukan kita bisa mencapai tujuan dalam pendidikan tersebut. Dan apabila kita bersungguh-sungguh dalam belajar maka kita akan berhasil dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. MAN JADA WA JADDA.!!!
“buat kita semua, jangan malas belajar tingkatkan belajarnya dan jangan mudah menyerah..”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam