(RPP)
Nama
Sekolah : SD IT
AL-FURQON
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : II/II
Standar
Kompetensi : 7. Mengenal
Asmaul Husna
Kompetensi
Dasar : 7.1 Menyebutkan
lima dari asmaul husna
:
7.2 Mengartikan lima dari asmaul husna
Alokasi
Waktu : 6 x 35 (3x pertemuan)
Nama
Guru : Nasrudin.
S.Pd.I
- Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna
dengan benar
2.
Siswa dapat mengartikan lima dari asmaul husna
3.
Siswa dapat hafal lima asmaul husna beserta artinya
- Karakter siswa yang
diharapkan
Religius. Jujur. Toleransi.
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca,
Peduli lingkungan, Peduli sosial,
Tanggung jawab
- Materi Pembelajaran
Asmaul Husna
- Metode Pembelajaran
1.
Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara
klasikal, kelompok dan individu
2.
Siswa berlatih mengartikan lima dari asmaul husna
3.
Siswa menghafal lima dari asmaul husna beserta
artinya
- Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
a)
Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
b)
Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah
mengetahui beberapa sifat Allah
c)
Uraian singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari
pelajaran yang lalu
d)
Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti
dari lima asmaul husna
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a)
Siswa secara klasikal menyebutkan lima dari Asmaul
Husna mengikuti bacaan guru
b)
Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari
Asmaul Husna
c)
Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul
Husna
d)
Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna
secara klasikal
e)
Siswa mengartikan lima dari
Asmaul Husna secara berkelompok
f)
Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya secara individu
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a)
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
b)
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa diminta menulis lima dari
Asmaul Husna di buku tugas
- Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan
karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
- Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Menyebutkan
|
Tes tulis
|
Pelafalan
Pilihan ganda
|
1.
Hadis Nabi yang artinya :
“Sesungguhnya Allah SWT mempunyai 99 nama,
barangsiapa hafal ( membaca tiap hari ) masuk surga” (H.R.Tirmizi) di antara
99 nama Allah SWT itu ada 5 yang harus kita tahu yaitu Sebutkan
2.
Allah SWT mempunyai nama al-gafur artinya .…
a. Maha Pengampun
b. Maha Pencipta
c. Maha Penyelamat
3.
Ana dan ani saling berjabatan tangan untuk saling minta
maaf. Sebagai pengamalan nama Allah SWT
.…
4.
Tukang kayu dapat membuat kursi, sebagai pengamalan
nama Allah SWT .…
5.
Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang
menyala-nyala, berarti Allah SWT maha .…
|
- Format Kriteria
Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala SD IT Al Furqon
|
Wonosari, 02 Februari 2019
Guru Pendidikan Agama Islam
|
Alim, S.Pd.I
|
Nasrudin, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ucapkan Salam