20 Desember 2018

Pengertian Proses Pembelajaran


PROSES PEMBELAJARAN
Proses adalah suatu cara, metode maupun teknik yang digunakan untuk penyelenggaraan atau pelaksanaan dari suatu hal tertentu, Ahyari (2002: 65). Proses dalam pembelajaran dapat diartikan bahwa suatu cara atau metode untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terjadi didalam lembaga pendidikan antara pendidik dan peserta didik.

Arifin (2012: 10) mengungkapkan bahwa pembelajaran berasal dari kata dasar yaitu belajar, belajar dalam arti sempit sendiri merupakan suatu proses yang dialami oleh seseorang dalam kegiatan belajar. Sedangkan belajar secara umum adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang disebabkan adanya interaksi individu dengan lingkungan dan pengalam.  Sedangkan belajar menurut Gagne dan Briggs (Djamarah, 2010: 325) menyatakan bahwa belajar merupakan sistem yang memiliki tujuan untuk membantu suatu proses belajar yang dilakukan anak didik, yang dirancang sedemikian rupa untuk mendukung terjadinya proses belajar yang bersifat internal.


Proses pembelajaran adalah seluruh kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan untuk membelajarkan peserta didik. Pada lembaga pendidikan, proses pembelajaran diselengarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk selalu berpartisipasi aktif sesuai dengan bakat dan minat serta psikologis peserta didik, Mulyasana (2012: 155). Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, bahwa standar proses berisi tentang kriteria minimum proses pembelajaran yang berlajan pada satuan pendidikan dasar dan menengah diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar proses yang dikeluarkan oleh Permendiknas yaitu, standar plaksanaan proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan hasil belajar untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam