17 Desember 2016

Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Di Sekolah

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Paper Ini Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas  Mata Kuliah Statistika Dan Komputer Pendidikan  Yang Diampu Oleh Bapak Prof. Dr. Budi Murtiyasa


 Nama      : Nasrudin
NIM       : Q100160113
Kelas      : I C

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan topik penting yang berkembang dalam berbagai kebijakan publik, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Untuk menghasilkan sumber daya manusia dan masyarakat yang melek dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai satu kajian (content) dalam pendidikan di Indonesia yang terintegrasi dalam kurikulum nasional. Kehidupan manusia di era globalisai ini akan selalu berhubungan dengan teknologi. Teknologi pada hakikatnya adalah alat untuk mendapatkan nilai tambahan menghasilkan produk yang bermanfaat. Teknologi sekarang ini berkembang dengan pesat. Informasi dan komunikasi sebagai teknologi juga sedang berkembang sangat pesat, mempengaruhi berbagai kehidupan dan memberikan perubahan terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan (Munir, 2009).
Untuk menghasilkan sumber daya manusia dan masyarakat yang melek dengan kemajuan teknologi, diperlukan strategi yang tepat melalui berbagai cara. Diataranya adalah mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai satu kajian (content) dalam bidang pendidikan di Indonesia yang terintegrasi dalam kurikulum nasional. Dewasa ini proses pembelajaran di sekolah tidak bisa di pisahkan dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu faktor yang mendukung proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dengan adanya kemjuan Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti saat ini guru semakin terbantu saat proses pembelajaran berlangsung.
Akan tetapi dewasa ini masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum bisa merata penggunaannya di sekolah-sekolah seluruh Indonesia. Terutama di sekolah yang berada di pedalaman dimana fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum dapat terpenuhi dengan baik, bahkan di beberapa sekolah di pelosok negeri masih belum ada fasilitas yang seperti di sekolah perkotaan. Pentingnya Teknologi Informasi dan komunikasi tidak bisa di abaikan oleh pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. Dengan adanya fasilitas yang memadai proses pembelajaran yang dilakukan guru akan semakin mudah dan tidak membosankan bagi peserta didik.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki potensi untuk mempercepat, memperkaya, dan memperdalam keterampilan, untuk memotivasi dan melibatkan para siswa dalam belajar, untuk membantu menceritakan pengalaman sekolah untuk praktek kerja, untuk membantu menciptakan kelayakan ekonomi bagi pekerja besok, memberikan kontribusi untuk perubahan di sekolah, untuk memperkuat mengajar, dan untuk memberikan kesempatan bagi hubungan antara sekolah dan dunia (Yusuf, 2005).
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah beragam set alat teknologi dan sumber daya yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, menyebarkan, menyimpan dan mengelola informasi. Definisi yang luas ini TIK termasuk teknologi radio, telivisi, video, DV, telepon, sistem satelit, komputer dan perangkat keras jaringan dan perangkat lunak, serta peralatan dan jasa terkait dengan teknologi ini, seperti videoconferencing dan surat elektronik (UNESCO, 2002).



B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.    Bagaimana implementasi TIK dalam pembelajaran di sekolah?
BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Implementasi
Implementasi adalah bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana secara baik yang berguna untuk mencapai tujuan kegiatan tertentu (Usman, 2002: 70). Implementasi selain memerlukan aksi nyata juga membutuhkan konsistensi dalam pelaksanaannya. Dalam mengimplementasikan suatu rancangan tertentu ada saja kendala dan hambatan yang di hadapi. Oleh karena itu sangat dibutuhkan konsistensi agar seluruh rancangan dapat dijalankan dengan benar dan kita bisa memperoleh hasil yang memuaskan.
B.  Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi fasilitas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Teknologi informasi dan komunkiasi telah berkembang dengan pesat dengan dikembangkannya satelit komunikasi dan serat kaca (fiber optik) yang mampu mentransmisikan pulsa dengan kecepatan cahaya. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu proses yang rasional dan efesien (Munir, 2009: 32).
C.  Pengertian Pembelejaran
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkaran belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses permerolehan ilum dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. pembelajaran adalah pemberdayaan potensi peserta didik menjadi kompetensi. Kegiatan pemberdayaan ini tidak dapat berhasil tanpa adanya orang yang membantu. Pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan (Sagala, 2009: 61).
D.  Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelejaran di sekolah
Dewasa ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat  pesat, kebutuhan akan teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat di khawatirkan lagi terutama dalam penggunaannya di dunia pendidikan, dimana dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini semua kebutuhan dalam dunia pendidikan akan mudah untuk terpenuhi. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah seakan mendapatkan angin segar karena dapat menggunakan fasilitas yang begitu baik dari perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi saat ini, khususnya bagi tenaga pendidik yang berada di perkotaan.
Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi akan berjalan efektif jika peran pengajar dalam pembelejaran adalah sebagai fasilitator pembelajaran atau memberikan kemudahan pembelajaran untuk belajar bukan hanya sebagai pemberi informasi. Pemanfaatan teknologi dalam sistem pembelajaran menimbulkan pembelajaran berbasis elektronik sebagai hasil teknologi. Salah satu aplikasi teknologi adalah teknologi informasi dan komunkasi. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini yang telah mengubah sistem pembelajaran pola konvensional atau tradisional menjadi pola bermedia, diantaranya media komputer dengan internetnya yang memunculkan e-lerning. Pada pola pembelajaran bermedia ini, pembelajar dapat memilih materi pembelajaran berdasarkan minatnya sendiri, sehingga belajar menjadi menyenangkan, tidak membosankan, penuh motivasi, semangat, menarik perhatian dan sebagainya (Munir, 2009: 3).
Informasi dan teknologi komunikasi termasuk komputer, internet, dan sistem pengiriman elektronik seperti radio, televisi, proyektor, dan lain sebagainya secara luas digunakan dalam bidang pendidikan. ICT dianggap sebagai alat yang ampuh untuk perubahan dan pendidikan reformasi. Beberapa studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan yang tepat dari ICT dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghubungkan belajar ke situasi kehidupan nyata (Lowther, et al. 2008). ICT cenderung untuk memperluas akses terhadap pendidikan. Melalui ICT, belajar dapat terjadi setiap saat dan dimana saja. Bahan-bahan kursus online, mislanya dapat diakses 24 jam sehari, tujuh dari seminggu. Telekonfrensi kelas memungkinkan pelajar dan guru untuk berinteraksi secara bersama dengan kemudahan dan kenyamanan. Berdasarkan ICT, belajar dan mengajar tidak lagi tergantung pada bahan cetak. Beberapa sumber daya berlimpah di Internet, dan pengetahuan dapat Diperoleh melalui klip video, audio Suara, presentasi visual dan seterusnya (International Journal, Jo Shan Fu: 2013).
Manfaat menggunakan ICT dalam pendidikan antara lain: membantu siswa dalam mengakses informasi digital secara efesien dan efektif, mendukung pembelajaran terpusat pada siswa dan mandiri, menghasilkan sebuah lingkungan belajar yang kreatif, mempromosikan pembelajaran kolaboratif dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh, menawarkan lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis (tingkat tinggi) dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kemajuan negara tergantung sebagian besar pada kualitas pendidikan. Pendidikan dianggap seabagai dasar dalam setiap masyarakat moderen. Tapi sekarang ini pendidikan moderen tidak terbatas dalam kelas. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa keluar seluruh dunia di luar kelas. ICT memaikan peran sangat penting dalam hal ini (Banerjee, Das: 2014). Penerapan ICT adalah membuat perubahan signifikan dalam pengajaran dan proses pembelajaran. Pemanfaatan ICT memfasilitasi pendekatan yang berpusat pada pelajar daripada konvensional.
Penggunaan ICT dalam pendidikan (Cloke dan Sharif, 2001). Filosofi ini membatasi potensi ICT dalam pendidikan untuk pusat kekuatan dalam daya saing ekonomi. Dengan potensi sebagai alat untuk mengatasi tantangan dalam pengajaran dan pemelajaran dan sebagai agen perubahan. Teknologi informasi dan komunikasi adalah alat yang ampuh untuk pengembangan kualitas mengajar dan belajar.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan seperti pemanfaatan komputer dan jaringan komputer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajar untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan mampu untuk meningkatkan keberhasilan belajara pembelajaran (Munir, 2009: 32).
BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi proses pembelajaran di dalam kelas akan semakin menarik, siswa tidak akan cepat bosan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung. Teknologi informasi dan komunikasi semakin memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Teknologi merupakan solusi tepat bagi maslah pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi anatara lain dapat meningkatkan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik, adanya informasi dalam bentuk digital semakin banyak, ketersediaan peralatan-peralatan elektronik semakin meningkat. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi berkaitang dengan kegunaan dan evektifitasannya. Kegunaan, meliputi dimensi menjadikan pekerjaan lebih mudah, bermanfaat, menambah produktifitas. Evektifitasnya, mempertinggi efektivitas, atau mengembangkan kinerja pekerjaan.

DAFTAR PUSTAKA
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta, Bandung.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, Bandung.
Yusuf, O Mudasiru. 2005. Information and communication technology and education: Analysing the Nigerian national policy for information technology. Internationla Education Journal.
Bindu C. N. 2016. Impact of ICT on Teaching and Learning: A Literature Review. International Journal Of Management and Commerce Innovations.
Jo Shan Fu. 2013. ICTin Education: A Critical Literature Review and Its Implications. International Journal of Education and Development using Information and Comunication Tecnology (IJEDICT).
Banerjee & Das. 2014. Impact of Ict on Science Learning To Enhance Motivation of Secondary Level Students: An Analytical Study. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS).


Eunhee Jung O’neill. 2007. Implementing International Virtual Elementary Classroom Activities for Public School Students in the U.S. and Korea. The Electronic Journal of e-Learning Volume 5 Issue 3, pp. 207-218.

1 komentar:

  1. artikel nya sangat bagus, memang teknologi zaman skarang tidak dapat terpisahkan, apalagi dalam dunia pendidikan,kami menawarkan absensi berbasis sms, silahkan kunjungi website kami ABSENSI SISWA

    BalasHapus

Ucapkan Salam