SILABUS MATA
PELAJARAN : BAHASA ARAB
Satuan Pendidikan : SD
Kelas :
4
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Meyakini adanya ALLAH SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
1.2 Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi
dengan keluarga, teman, dan guru sesuai tema/topic.
3. 1.
Menyimak dan mengetahui tentang “perkenalan" yang mengandung
unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung
unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu” yang membahas
tentang الايام dan “Lingkungan kelas” yang
mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
4.1. Melafalkan kata-kata tentang “perkenalan"
yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas"
yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu” yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan kelas” yang
mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
3.2.
Memahami cara mengucapkan, membaca dan
menulis terkait tema “perkenalan" yang
mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas"
yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu” yang
membahas tentang الايام dan “Lingkungan
kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
|
Tema/ Topik:
Perkenalan
( التعارف) yang mengandung unsur isim istifham(ما، من),
Lingkungan Kelas
فى الفصل1
yang mengandung unsur isim-isim
mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك)
“waktu
( الايام الاسبوع) yang membahas tentang konsep hari dan Lingkungan kelas
فى الفصل2
yang mengandung unsur
‘adad al-mudzakarah
Wacana
Tulis yang
memuat kosa kata, pola kalimat, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
Struktur
Kalimat yang mengandung unsur isim istifham (ما، من), isim-isim mudzakar, isim isyrarah (هذا،
ذلك), konsep الايام dan ‘adad al-mudzakarah 1-10.
|
Mengamati
:
- Menyimak
dan memperhatikan penjelasan guru tentang cara melafalkan, membaca, dan
menulis sesuai tema “perkenalan"
yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang
mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu”
yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan
kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
- Menyimak
dan menirukan pengucapan bahasa arab dengan tepat serta membaca, dan menulis
sesuai tema “perkenalan"
yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang
mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu”
yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan
kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata dan
kalimat) “perkenalan"( التعارف) yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan
Kelas" فى الفصل1 “hari”
الايام
dan “Lingkungan
kelas” الفصل2 فى
-
Menyimak kata-kata atau kalimat
yang pengucapan dan penulisannya mirip
-
Menyimak kata-kata atau pola
kalimat dengan memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan
serta intonasinya
-
Mengamati
cara memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap terkait tema “perkenalan"
yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang
mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu”
yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan
kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-
Memperhatikan unsur kebahasaan/bentuk isim
istifham(ما،
من),) dan isim isyarah (هذا) ; (ذلك),
“waktu” yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan kelas” ‘adad
al-mudzakarah 1-10.
-
Mencocokkan gambar dengan apa
yang didengar
-
Mengamati gambar, foto atau
alat peraga yang ada disekeliling lingkungan kelas
-
Menyimak penjelasan guru
tentang permainan bahasa sesuai dengan tema/topik yang dipelajari
-
Menyimak penjelasan guru
tentang kata-kata hikmah yang terletak diakhir pembahasan
Menanya
:
-
Dengan bimbingan dan arahan
guru, peserta didik melakukan tanya jawab sederhana terkait tema/topik yang
dipelajari
-
Menanyakan cara melafalkan,
membaca, dan menulis kata-kata atau kalimat bahasa arab sesuai dengan
tema/topik
-
Menjawab pertanyaan secara
lisan dan tulis dari apa yang diperagakan oleh guru atau teman sendiri
-
Bertanya jawab tentang cara
memberitahu tentang fakta,
perasaan, dan sikap terkait tema “perkenalan" yang mengandung
unsur isim istifham(ما،
من),
"Lingkungan Kelas" yang
mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu”
yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan
kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-
Memperhatikan unsur kebahasaan/bentuk isim
istifham(ما،
من),) dan isim isyarah (هذا) ; (ذلك),
“waktu” yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan kelas” ‘adad
al-mudzakarah 1-10.
-
Melakukan tanya jawab tentang isim istifham(ما، من),) dan
isim isyarah (هذا) ;
(ذلك),
“waktu” yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan kelas” ‘adad
al-mudzakarah 1-10.
-
Menjawab pertanyaan lisan yang
diajukan lawan bicara sesuai tema/topik
-
Menanyakan maksud dari
kata-kata hikmah
-
Menanyakan cara menulis
kata-kata hikmah
-
Menanyakan cara permainan
bahasa sesuai dengan tema/topic.
Menalar
:
- Memahami
cara mengucapkan, membaca, dan menulis kata atau kalimat bahasa arab yang
benar sesuai dengan tema/topik
-
Membandingkan cara memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap
terkait tema tema “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan
Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) “waktu”
yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan
kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-
Memahami ciri-ciri isim istifham(ما، من),) dan
isim isyarah (هذا) ;
(ذلك),
“waktu” yang membahas tentang الايام dan “Lingkungan kelas” ‘adad al-mudzakarah
1-10.
-
Membedakan jenis-jenis isim istifham, isyarah dan ‘adad al-mudzakaroh bentuk penggunaanya dalam konteks yang sesuai.
-
Menemukan makna kata
atau kalimat dari wacana tertulis melalui bantuan gambar.
-
Memahami penjelasan guru
tentang kalimat hikmah.
-
Memahami cara penulisan kalimat
hikmah.
-
Memahami cara permainan bahasa
melalui penjelasan guru.
Mencoba :
-
Melafalkan kata-kata atau
kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film/gambar
-
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
sesuai tema/topik dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang dipelajari
-
Mencoba menyebutkan cara
memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap terkait tema/topik
-
Mencoba membaca kata atau
kalimat bahasa arab dengan suara lantang dan memperhatikan intonasi serta
tekanan pengucapan
-
Mencoba menulis kata dan
kalimat yang terkait dengan tema/topik yang dipelajari.
|
Non
Test :
1.
Produk berbentuk Tugas perorangan/kelompok
2.
Observasi :
1.
Mengamati siswa dalam menyimak
kata-kata dan kalimat bahasa arab dengan seksama
2.
Mengamati cara siswa
menyebutkan kata-kata atau kalimat sesuai tema/topik
3.
Mengamati cara siswa
berkomunikasi dalam bahasa arab sesuai tema/topik
4.
Mengamati
sejauh mana siswa mengenal dan memahami unsur kebahasaan dalam bahasa arab
5.
Melihat kreativitas dan sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggungjawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
3.
Portofolio :
a.
Portofolio dokumentasi
(kumpulan hasil kerja yang menunjukkan kemajuan belajar siswa)
b.
Portofolio proses (kumpulan
dokumen yang menunjukkan perkembangan belajar siswa)
c.
Portofolio pameran (kumpulan
karya-karya terbaik siswa)
Contoh :
-
Menulis kata atau kalimat
dengan kreativitas masing-masing siswa
-
Membuat permainan bahasa
sendiri dalam sebuah kelompok, kemudian ditujukan kepada kelompok lainnya
-
Membuat video atau rekaman
suara terkait tema/topik yang dipelajari
Test
:
Test tulis dan
lisan,
a.
Ulangan harian,
b.
Ulangan Tengah Semester
c.
UAS
Contoh test lisan
:
-
Mengucapkan kata-kata atau
kalimat sesuai tema/topi
-
Menentukan jawaban (salah atau
benar) secara lisan
-
Unjuk kinerja (performansi)
|
32 x 35 m
|
Buku
bahasa arab "Al-'Ashri" Kelas IV
SD
Gambar/Poster
/Foto/Alat Peraga dilingkungan
Sekitar sesuai
tema/topik
Multimedia
Interaktif/CD Interaktif/
Video
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ucapkan Salam