22 Desember 2016

Silabus Mata Pelajaran Bahasa Arab SD/MI

SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
Satuan Pendidikan      :  SD
Kelas                           :  4
Kompetensi Inti          :
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia




Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar






1.1  Meyakini adanya ALLAH SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
1.2   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan keluarga, teman, dan guru sesuai tema/topic.
3. 1.    Menyimak dan mengetahui tentang “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
4.1.  Melafalkan kata-kata tentang perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.


3.2. Memahami cara mengucapkan, membaca dan menulis terkait tema  perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.


















* Tema/ Topik:
Perkenalan
( التعارف) yang mengandung unsur isim istifham(ما، من),
Lingkungan Kelas
فى الفصل1
yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك)
“waktu
(
الايام الاسبوع) yang membahas tentang konsep hari   dan Lingkungan kelas
 فى الفصل2
 yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah

* Wacana Tulis yang memuat kosa kata, pola kalimat, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.


* Struktur Kalimat yang mengandung unsur isim istifham (ما، من), isim-isim mudzakar, isim isyrarah (هذا، ذلك), konsep الايام dan ‘adad al-mudzakarah 1-10.


























* Mengamati :
-    Menyimak dan memperhatikan penjelasan guru tentang cara melafalkan, membaca, dan menulis sesuai tema “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-    Menyimak dan menirukan pengucapan bahasa arab dengan tepat serta membaca, dan menulis sesuai tema “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.

-      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata dan kalimat) “perkenalan"( التعارف)  yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" فى  الفصل1 hari” الايام   dan “Lingkungan kelas”  الفصل2 فى
-        Menyimak kata-kata atau kalimat yang pengucapan dan penulisannya mirip
-       Menyimak kata-kata atau pola kalimat dengan memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan serta intonasinya
-       Mengamati cara memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap terkait tema “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-       Memperhatikan unsur kebahasaan/bentuk isim istifham(ما، من),) dan isim isyarah (هذا) ; (ذلك), “waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” ‘adad al-mudzakarah 1-10.

-          Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar
-          Mengamati gambar, foto atau alat peraga yang ada disekeliling lingkungan kelas
-          Menyimak penjelasan guru tentang permainan bahasa sesuai dengan tema/topik yang dipelajari
-          Menyimak penjelasan guru tentang kata-kata hikmah yang terletak diakhir pembahasan

* Menanya :
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik melakukan tanya jawab sederhana terkait tema/topik yang dipelajari
-          Menanyakan cara melafalkan, membaca, dan menulis kata-kata atau kalimat bahasa arab sesuai dengan tema/topik
-          Menjawab pertanyaan secara lisan dan tulis dari apa yang diperagakan oleh guru atau teman sendiri
-       Bertanya jawab tentang cara memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap terkait tema “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-       Memperhatikan unsur kebahasaan/bentuk isim istifham(ما، من),) dan isim isyarah (هذا) ; (ذلك), “waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-                  Melakukan tanya jawab tentang isim istifham(ما، من),) dan isim isyarah (هذا) ; (ذلك), “waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-          Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik
-          Menanyakan maksud dari kata-kata hikmah
-          Menanyakan cara menulis kata-kata hikmah
-          Menanyakan cara permainan bahasa sesuai dengan tema/topic.


* Menalar :
-       Memahami cara mengucapkan, membaca, dan menulis kata atau kalimat bahasa arab yang benar sesuai dengan tema/topik
-       Membandingkan cara memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap terkait tema tema “perkenalan" yang mengandung unsur isim istifham(ما، من), "Lingkungan Kelas" yang mengandung unsur isim-isim mudzakar dan isim isyarah (هذا، ذلك) waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” yang mengandung unsur ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-       Memahami ciri-ciri isim istifham(ما، من),) dan isim isyarah (هذا) ; (ذلك), “waktu” yang membahas tentang الايام   dan “Lingkungan kelas” ‘adad al-mudzakarah 1-10.
-          Membedakan jenis-jenis isim istifham, isyarah dan ‘adad al-mudzakaroh bentuk penggunaanya dalam konteks yang sesuai.
-          Menemukan makna kata atau kalimat dari wacana tertulis melalui bantuan gambar.
-          Memahami penjelasan guru tentang kalimat hikmah.
-          Memahami cara penulisan kalimat hikmah.
-          Memahami cara permainan bahasa melalui penjelasan guru.

* Mencoba :
-          Melafalkan kata-kata atau kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film/gambar
-          Menyusun teks lisan dan tulis sederhana sesuai tema/topik dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang dipelajari
-          Mencoba menyebutkan cara memberitahu tentang fakta, perasaan, dan sikap terkait tema/topik
-          Mencoba membaca kata atau kalimat bahasa arab dengan suara lantang dan memperhatikan intonasi serta tekanan pengucapan
-          Mencoba menulis kata dan kalimat yang terkait dengan tema/topik yang dipelajari.


















* Non Test :
1.      Produk berbentuk Tugas perorangan/kelompok
2.      Observasi :
1.      Mengamati siswa dalam menyimak kata-kata dan kalimat bahasa arab dengan seksama
2.      Mengamati cara siswa menyebutkan kata-kata atau kalimat sesuai tema/topik
3.      Mengamati cara siswa berkomunikasi dalam bahasa arab sesuai tema/topik
4.      Mengamati sejauh mana siswa mengenal dan memahami unsur kebahasaan dalam bahasa arab
5.      Melihat kreativitas dan sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggungjawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
3.      Portofolio :
a.       Portofolio dokumentasi (kumpulan hasil kerja yang menunjukkan kemajuan belajar siswa)
b.      Portofolio proses (kumpulan dokumen yang menunjukkan perkembangan belajar siswa)
c.       Portofolio pameran (kumpulan karya-karya terbaik siswa)
Contoh :
-          Menulis kata atau kalimat dengan kreativitas masing-masing siswa
-          Membuat permainan bahasa sendiri dalam sebuah kelompok, kemudian ditujukan kepada kelompok lainnya
-          Membuat video atau rekaman suara terkait tema/topik yang dipelajari


* Test :
Test tulis dan lisan,
a.    Ulangan harian,
b.    Ulangan Tengah Semester
c.    UAS
Contoh test lisan :
-          Mengucapkan kata-kata atau kalimat sesuai tema/topi
-          Menentukan jawaban (salah atau benar) secara lisan
-          Unjuk kinerja (performansi)


















32 x 35 m
















* Buku bahasa arab "Al-'Ashri" Kelas IV SD

* Gambar/Poster
/Foto/Alat Peraga dilingkungan
Sekitar sesuai
tema/topik

* Multimedia Interaktif/CD Interaktif/
Video


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam