11 November 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran_RPP_SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
A.  Identitas Sekolah
Nama sekolah                     : SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta
Mata pelajaran                    : Tarikh
Kelas/semester                    : VII (Tujuh)/I (Gasal)
Waktu                                 : 1 x 40 Menit
B.     Kompetensi Inti
1.    Kompetensi Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Kompetensi Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Kompetensi Inti (KI 3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Kompetensi Inti (KI 4):
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggu nakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
C.    Kompetensi Dasar
1.1. Memahami silsilah Nabi Muhammad SAW
D.    Indikator
1.1.1 Siswa mampu menjelaskan silsilah Nabi Muhammad SAW dari bangsawan Quraiys
1.1.2 Siswa mampu menjelaskan silsilah Nabi Muhammad SAW dari pihak Ayah
1.1.3 Siswa mampu menjelaskan silsilah Nabi Muhammad SAW dari pihak Ibu






E.     Materi Pembelajaran
1.    Silsilah Nabi Muhammad SAW
2.    Silsilah Orang Tua Nabi Muhammad SAW
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan ( 5 Menit )
Guru meminta salah satu peserta didik memimpin doa
Siswa menjawab salam
Guru memberi apersepsi kepada peserta didik berkaitan materi sebelumnya
Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
Siswa membentuk kelompok diskusi
2.    Kegiatan Inti ( 30 Menit )
Mengamati
Siswa menyimak penjelasan silsilah Nabi Muhammad SAW
Menanya
Siswa memberikan tanggapan / respon terhadap penjelasan guru tentang silsilah Nabi Muhammad SAW
Mencoba/ mengumpulkan informasi
Siswa diberikan materi tentang silsilah Nabi Muhammad SAW untuk didiskusikan.
Mengasosiasi
Siswa melakukan diskusi secara berkelompok.
Mengkomunikasikan
Masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
Selanjutnya kelompok pertama mempresentasikan hasil diskusinya
Kemudian kelompok 2- 8 memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh kelompok 1, sampai pada kelompok 8 mempresentasikan hasil diskusinya
Guru memberikan soal ( mencari nama orang tua Nabi Muhammad SAW dalam kumpulan kata) terlampir.
3.    Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Siswa bersama-sama dengan guru simpulan  pelajaran.
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Siswa berdoa.
G. Penilaian
1.    Penilaian Sikap
No. Siswa
Masuk kelas tepat waktu
Memakai seragam sesuai tata tertib
Memperhatikan guru
Mengerjakan tugas yang diberikan
Jumlah Skor

Skor [ 4 = selalu  | 3 = sering | 2 = kadang-kadang  | 1 = tidak pernah ]












Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik          : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                      : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup                  : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang                 : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

2.    Penilaian Pengetahuan
a.    Teknik : Tes tulis ( terlampir )
b.    Bentuk instrumen : Soal pilihan ganda
Petunjuk penskoran : setiap jawaban benar mendapat nilai 1
3.    Penilaian untuk kerja mempresentasikan Materi ( kelompok )
No
Kelompok
Aspek yang dinilai
Skor
Kebenaran konsep
Keberanian
Bahasa
Kelancaran






















Skor Tiap rubrik maksimal 25 sehingga total skor maksimal 100
H.  Alat/ media/  Sumber belajar
Video, Laptop, LCD/Proyektor, Papan tulis, Spidol, Penghapus
Buku siswa tarikh,  pendekatan saintifik kurikulum 2013 SMP kelas VII




Yogyakarta, ......

Mengetahui,                                                                                             
Guru Pembimbing
Mahasiswa Praktikan



Eko Harianto, M.Si
Nasrudin
NBM. 991012
NIM 20120720089


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam