RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
( R P P )
NamaSekolah : SMA MUHAMMADIAH 1 SLEMAN
Mata Pelajaran : Akhlak
Kelas : XI
Semester : 1 / Gasal
Alokasi Waktu :
1x15 (1 x Pertemuan)
Guru : Nasrudin
A. StandarKompetensi (SK)
Terbiasa berlaku taubat
B.
KompetensiDasar
(KD)
1. Terbiasa diri berlaku taubat
C.
Indikator
1.1 Mejelaskan pengertian taubat
1.2 Melafazkan dalil taubat kepada
Allah SWT
1.3 Menyebutkan hikmah bertaubat
kepada Allah SWT
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian taubat
2. Siswa dapat melafadzkan dalil
tentang taubat
3.
Siswa dapat menyebutkan
hikmah taubat
E. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang akan digunakan dalam
menyampaikan materi ini ialah metode diskusi dan ceramah.
F.
Media Pembelajaran/sumber belajar
1. Papan Tulis / Spidol
2. PowerPoint
3. Laptop
4. Buku ajar
G.
Langkah–langkah kegiatan pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Salam,
pengkondisian kelas, berdoa dan memberikan motivasi.
2.
Memberikan
apersepsi pada siswa
3.
Menyampaikan
tujuan serta kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran.
4.
Memberikan
pretest.
|
3 menit
|
2
|
Inti
|
1.
Guru
menjelaskan materi terkait durhaka.
(eksplorasi)
2.
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya.
3.
Guru membagi
siswa 2 sampai 4 kelompok untuk berdiskusi tentang materi
yang telah disampaikan. (elaborasi)
4.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
(konfirmasi)
|
10 menit
|
3
|
Penutup
|
1.
Review dan
menyimpulkan materi bersama-sama.
2.
Memberikan
tugas rumah (PR) kepada siswa .
3.
Berdoa dan
salam
|
2Menit
|
H.
Evaluasi
1.
Jenis Evaluasi dan Prosedur Penialaian
a.
Evaluasi Proses
Dilaksanakan ketika proses belajar mengajar
berlangsung, adapun cara evaluasinya dengan pengamatan. Hal yang perlu diamati
adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu caranya adalah:
1)
Penilaian Kognitif : Pertanyaan lisan dan tulisan tes berbentuk uraian
2)
Penilaian
Afektif : Lembar pengamatan peserta didik.
3)
Penilaian
Psikomotorik : Lembar observasi.
a) Contoh lembar pengamatan
peserta didik
No
|
Nama Siswa
|
Konsep
|
Partisipasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
2.
Dst.
|
b.
Evaluasi Hasil
Dilakukan dengan
menggunakan tes tertulis berbentuk essay dan penilaian pada praktek siswa.
Contoh soal essay adalah:
1) Jelaskan pengertian taubat!
2) Sebutkan syarat-syarat bertaubat!
3) Sebutkan manfaat atau hikmah dari
bertaubat!
2. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Konsep
|
Partisipasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
Dst.
|
3. Kriteria
Penilaian
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep Dasar
|
Semua benar
|
A
|
Sebagaian besar benar
|
B
|
||
Sebagian kecil benar
|
C
|
||
Semua salah
|
D
|
||
2
|
Partisipasi
|
Aktif sekali
|
A
|
Sedang
|
B
|
||
Kurang aktif
|
C
|
4. Kriteria
Nilai
No
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
A
|
80-100
|
Baik sekali
|
2
|
B
|
70-79
|
Baik
|
3
|
C
|
60-69
|
Cukup
|
4
|
D
|
< 60
|
Kurang
|
Bantul, 14
April 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mapel Fiqh Ibadah
Nurwanto, S.Ag., M.A.,M.Ed
|
Nasrudin
|
NIP:
|
NIM:
20120720089
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ucapkan Salam