RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
( R P P )
Nama Sekolah : SMA
MUHAMMADIYAH
Mata
Pelajaran : FIQH IBADAH
Kelas : XI
Semester : II
Alokasi
Waktu : 1 x 45 Menit (1 x Pertemuan)
Guru : Nasrudin
A.
Standar
Kompetensi
Memahami
Qurban
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Memahami ketentuan dan tata cara
berkurban
C.
Indikator
1.a.
Menjelaskan pengertian dan dasr hukum qurban
1.b.
Menjelaskan syarat-syarat hewan qurban
1.c.
Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan qurban
1.d.
Menjelaskan ketentuan pembagian daging qurban
1.e.
Menjelaskan hikmah ibadah qurban
D.
Materi Pembelajaran
E.
Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
Pendekatan
yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah, pendekatan emosional, pendekatan
rasional, pendekatan fungsional, dan pendekatan pembiasaan.
F.
Media
Pembelajaran
Media yang
digunakan dalam pembelajan ini antara lain:
1.
Papan Tulis / Spidol
2.
LCD Proyektor
3.
Laptop
4.
Power point
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
|
1
|
Pendahuluan
|
-Salam,
berdoa dan menanyakan keadaan siswa serta memberi motivasi belajar kepada
siswa.
-Merapikan
kelas, menertibkan siswa dan membaca buku absensi siswa.
- Guru
melakukan tanya jawab tentang pelajaran sebelumnya dan dikaitkan dengan
materi yang akan dipelajari.
|
|
-Penjelasan
tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran ini.
-Guru
memberikan soal pretes untuk memberikan apresepsi tentang materi yang
dipelajari.
|
|||
2
|
Inti
|
Telling
|
-Guru
menyebutkan beberapa istilah kunci dan dalil-dalil yang terdapat didalam bab
qurban.
|
-Guru
menjelaskan dan menunjukkan ketentuan dan mekanisme dalam materi qurban.
|
|||
Showing
|
-Guru
menunjukkan dan memberi contoh dari setiap materi yang dijelaskan mengenai
qurban.
-Guru
merangsang perseta didik untuk menjawab pertanyaan berdasarkan slide yang
sudah ada.
|
||
Doing
|
-Guru mendemontrasikan
dan mempraktekkan materi mengenai qurban
-Guru
memerintah peserta didik untuk mendemonstrasikan materi yang sudah dijelaskan
guru.
|
||
3
|
Penutup
|
Guru
merumuskan kesimpulan pelajaran mengenai bab qurban.
|
|
Guru
melakukan evalusi pembelajran yang terkait dengan pembahasan qurban.
|
|||
Guru
menyampaikan tema pembelajaran yang akan datang.
|
|||
Guru
menutup pelajaran dengan berdoa bersama dan mengucapkan salam kepada seluruh
siswa.
|
H.
Sumber Belajar
1.
Buku Pendidikan Agama Islam untuk
sekolah menengah atas kelas XI
2.
Buku Fiqh Ibadah
3.
Sumber-sumber dari internet
4.
LKS
I.
Evaluasi
1.
Evaluasi proses
Dilaksanakan ketika proses belajar mengajar
berlangsung, adapun cara evaluasinya dengan pengamatan. Hal yang perlu diamati
adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu caranya adalah:
a.
Penilaian Kognitif : Pertanyaan
lisan dan tulisan.
b.
Penilaian Afektif : Lembar
pengamatan peserta didik.
c.
Penilaian Psikomotorik : Lembar
observas
Contoh lembar pengamatan peserta didik
NO
|
Nama Siswa
|
Konsep
|
Partisipasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1
2
dst
|
2.
Evaluasi hasil belajar
Dilakukan dengan menggunakan tes tertulis
berbentuk essay dan penilaian pada praktek siswa. Contoh soal essay adalah:
1. Jelaskan pengertian
Qurban!
2. Sebutkan syarat-syarat
hewan Qurban!
3. Sebutkan ketentuan dalam
Qurban!
4. Sebutkan tata cara
penyembelihan Qurban!
5. Tulislah salah satu
dalil atau ayat tentang hukum Qurban!
3.
Format penilaian
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
|
A
B
C
D
|
2
|
Partisipasi
|
*aktif berpartisipasi
*sebagian besar aktif
*sebagian kecil aktif
*tidak aktif
|
A
B
C
D
|
4.
Kriteria nilai
A= 80-100 = Sangat baik
|
C=
60-69 = Cukup
|
B=
70-79 = Baik
|
D=
<60 = Kurang
|
Nilai = Jumlah
skor perolehan / Jumlah aspek
Yogyakarta, 17 Januari 2015
Mengetahui
|
|
Kepala Sekolah
|
Guru Pendidikan Agama Islam
|
Ghoffar Ismail, S. Ag., M. A.
NIP:
|
Nasrudin
NPM: 20120720089
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ucapkan Salam