27 Januari 2015

Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Fiqh Ibadah XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah       : SMA MUHAMMADIYAH
Mata Pelajaran     : FIQH IBADAH
Kelas                                  : XI
Semester                : II
Alokasi Waktu      : 1 x 45 Menit (1 x Pertemuan)
Guru                                  : Nasrudin

A.    Standar Kompetensi
Memahami Qurban
B.     Kompetensi Dasar
1.    Memahami ketentuan dan tata cara berkurban
C.    Indikator
1.a. Menjelaskan pengertian dan dasr hukum qurban
1.b. Menjelaskan syarat-syarat hewan qurban
1.c. Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan qurban
1.d. Menjelaskan ketentuan pembagian daging qurban
1.e. Menjelaskan hikmah ibadah qurban
D.    Materi Pembelajaran
E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah, pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan fungsional, dan pendekatan pembiasaan.


F.     Media Pembelajaran
Media yang digunakan dalam pembelajan ini antara lain:
1.      Papan Tulis / Spidol
2.      LCD Proyektor
3.      Laptop
4.      Power point
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Keterangan
1
Pendahuluan
-Salam, berdoa dan menanyakan keadaan siswa serta memberi motivasi belajar kepada siswa.
-Merapikan kelas, menertibkan siswa dan membaca buku absensi siswa.
- Guru melakukan tanya jawab tentang pelajaran sebelumnya dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari.
-Penjelasan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran ini.
-Guru memberikan soal pretes untuk memberikan apresepsi tentang materi yang dipelajari.
2
Inti
Telling
-Guru menyebutkan beberapa istilah kunci dan dalil-dalil yang terdapat didalam bab qurban.
-Guru menjelaskan dan menunjukkan ketentuan dan mekanisme dalam materi qurban.
Showing
-Guru menunjukkan dan memberi contoh dari setiap materi yang dijelaskan mengenai qurban.
-Guru merangsang perseta didik untuk menjawab pertanyaan berdasarkan slide yang sudah ada.
Doing
-Guru mendemontrasikan dan mempraktekkan materi mengenai qurban
-Guru memerintah peserta didik untuk mendemonstrasikan materi yang sudah dijelaskan guru.
3
Penutup
Guru merumuskan kesimpulan pelajaran mengenai bab qurban.
Guru melakukan evalusi pembelajran yang terkait dengan pembahasan qurban.
Guru menyampaikan tema pembelajaran yang akan datang.
Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama dan mengucapkan salam kepada seluruh siswa.
H.    Sumber Belajar
1.      Buku Pendidikan Agama Islam untuk sekolah menengah atas kelas XI
2.      Buku Fiqh Ibadah
3.      Sumber-sumber dari internet
4.      LKS
I.       Evaluasi
1.   Evaluasi proses
Dilaksanakan ketika proses belajar mengajar berlangsung, adapun cara evaluasinya dengan pengamatan. Hal yang perlu diamati adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu caranya adalah:
a.       Penilaian Kognitif : Pertanyaan lisan dan tulisan.
b.      Penilaian Afektif : Lembar pengamatan peserta didik.
c.       Penilaian Psikomotorik : Lembar observas
Contoh lembar pengamatan peserta didik
NO
Nama Siswa
Konsep
Partisipasi
Jumlah Skor
Nilai
1
2
dst





2.      Evaluasi hasil belajar
Dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk essay dan penilaian pada praktek siswa. Contoh soal essay adalah:
1.    Jelaskan pengertian Qurban!
2.    Sebutkan syarat-syarat hewan Qurban!
3.    Sebutkan ketentuan dalam Qurban!
4.    Sebutkan tata cara penyembelihan Qurban!
5.    Tulislah salah satu dalil atau ayat tentang hukum Qurban!
3.   Format penilaian
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
A
B
C
D
2
Partisipasi
*aktif berpartisipasi
*sebagian besar aktif
*sebagian kecil aktif
*tidak aktif
A
B
C
D

4.   Kriteria nilai
A= 80-100 = Sangat baik
C= 60-69 = Cukup

B= 70-79 = Baik

D= <60 = Kurang

Nilai = Jumlah skor perolehan / Jumlah aspek
Yogyakarta, 17 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah


Guru Pendidikan Agama Islam


Ghoffar Ismail, S. Ag., M. A.
NIP:
Nasrudin
NPM: 20120720089

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam