11 Oktober 2016

Review Jurnal Metopen

TUGAS REVIEW JURNAL METOPEN I

Judul
Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen
Penulis
Khasan Bisri, Samsudi, Supraptono
Volume dan Halam
Volume 9, No. 1
Tahun
Juni 2009
Abstrak
The research type applied by this was experiment which truth/eksperimen is really with pattern randomized control-group pretest-posttest design, while focusing research in this final project is knowing the effectiveness result of student learning after using E-Learning study method bases on Browser Based Training at Kompetensi Pemeliharaan/servis Transmisi Manual and Komponen. The place of his research is in Expertise Program Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Kendal. The collecting data methods are documentation and test method. The study method of this Browser Based Training has been tested to one class as an experiment class, while for control class by using conventional method which has been tested to one class from Expertise Program Teknik Mekanik Otomotif in SMK Negeri 2 Kendal. Based on result of the research, the conclusion is the result improvement  of student learning at Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual and Komponen by using better Metode Pembelajaran Browser Based Training better than applying conventional method.
Kata Kunci
E-Learning, Browser Based Training.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan pola randomized control group pretest-posttest design. Dalam rancangan ini sekelompok subjek yang diambil dari populasi tertentu dikelompokkan  secara acak menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Tujuan Penelitian
Penelitian ini memiliki tujuan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen dari kelompok
eksperimen maupun kelompok kontrol.
Subyek penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Kendal Kelas XI
Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif yang terdiri dari tiga kelas, diambil dua kelas secara acak.
Kekuatan Penelitian
Untuk mengetahui Prestasi Belajar Siswa dalam mengikuti Programa Keahlian Teknik Mekani Otomotif peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi dan tes, dengan menggunakan metode pengumpulan data ini sangat mudah untuk mengetahui seberapa Efektif Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training terhadap Prestasi Belajar Siswa khusunya di bidang keahlian yang dimana dalam program ini lebih banyak dibutuhkan metode tes agar mengetahui seberapa Efektifnya Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran E-Learningberbasis Browser Based Training efektif terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kendal pada Kompetensi Pemeliharaan/ Servis Transmisi Manual dan Komponen.
Kelebihan/Kekuranag
Manurut saya mengenai jurnal ini sudah sangat baik, mengapa demikian karena untuk mengetahui efektifnya penggunaan metode yang digunakan sangat didukung dengan menggunakan penelitian exsperimen pola randomized control group pretest-posttest design karena pada dasarnya tingkat pendidikan SMK sering melakukan praktik dalam proses belajarnya sehingga dengan eksperimen sangat membantu terwujudnya penelitian yang relevan dalam proses pengambilan data dan pengumpulan data.

Judul
Penerapan Metode  Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review)  Untuk  Meningkatkan Aktivitas Dan  Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viiia Smp Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone
Penulis
Syamsiah, Adnan, Suhriana.
Volume dan Halam
Vol. I, No. 1, Halaman 100-108
Tahun
Maret 2012
Abstrak
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Subyek penelitian  adalah  siswa  kelas  VIII A dari  SMP Negeri  1  Lamuru,  semester  I, Tahun Akademik 2011/2012 terdiri dari 24 mahasiswa, 13 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dari hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  biologi  dari  kelas  VIIIA di  SMP Negeri  1  Lamuru. Peningkatan  tersebut  dapat  dilihat dari  siklus  I  ke  siklus  II,  yaitu:  (1) Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dalam bertanya, membaca, menemukan gambar dari bahan utuh, dan menyebutkan jawaban (2) siswa hasil belajar meningkat yang dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I adalah 63,19 meningkat menjadi 74,86 pada siklus I.Selain itu, peningkatan jumlah siswa dalam katergori tuntas di siklus 1 adalah 41,67% menjadi  83,33%  di  siklus  II. Berdasarkan hasil  penelitian dapat  disimpulkan  bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dari kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Lamuru.
Kata Kunci
Aktivitas, hasil belajar, metode SQ3R
Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action). Dengan tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini ialah untuk meningkatkan motifasi siswa dalam belajar menggeunakan metode SQRT di SMP Negeri 1 Lamuru.
Subyek Penelitian
Siswa siswi SMP Negeri 1 Lamuru kelas VIIIa  pada semester ganjil tahun 2010/2011.
Kekuatan Penelitian
Penerapan metode SQRT untuk aktifitas siswa dalam belajar sangat di dukung dengan siklus-siklus yang di rancang oleh peneliti sehingga dalam proses penelitian akan mendapatkan hasil yang sangat baik dan mendapatkan data yang falid. Siklus yang di rancang oleh peneliti ada tiga yaitu, siklus yang pertama dilakukan selama 3x pertemuan, tiap pertemuan 2x40 menit. Tahap kedua dan ketiga merupakan kelanjutan dari tahap pertama. Dalam penelitian ini menggunakan metode PTK, jadi dengan menggunakan metode ini sangatlah falid jika digunakan untuk mengetahui penggunaan metode SQRT untuk aktifitas siswa dalam belajar. Dalam penggunaan metode Penelitian Tindakan Kelas peneliti terjun langsung dalam proses penerapan metode SQRT dan dari kegiatan tersebut peneliti mampu melihat kejadian yang sebenarnya dalam penelitiannya.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil  analisis  data, disimpulkan  bahwa  1)  penerapan  metode SQ3R (Survey,  Question,  Read,  Recite, Review) dapat  meningkatkan  aktivitas belajar  biologi  pada  konsep  sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII A SMP  Negeri  1  Lamuru  2, penerapan metode SQ3R (Survey,  Question,  Read, Recite,  Review) dapat  meningkatkan  hasil belajar  biologi  pada  konsep  sistem pencernaan  manusia   pada  siswa  kelas VIIIA SMP Negeri 1 Lamuru.
Kelebihan/Kekurangan
Kelebihan yang ada pada jurnal ini ialah sudah relevannya metode penelitian, alat pengambilan dan pengumpulan data untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode SQRT dengan aktifiatas belajar siswa.

Judul
Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk  Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013
Penulis
Maksud Mustajab, Sriyono, Siska Desy Fatmaryanti
Volume dan Halam
Vol.1.No.1
Tahun
Maret 2012
Abstrak
Partisipasi  siswa  dalam  pembelajaran  di  kelas  VIII  A  SMP Negeri  2  Karanggayam  tergolong  rendah.  Berdasarkan  hasil  observasi  awal,  tingkat  partisipasi  siswa  sebesar  57,02%.  Oleh  karena  itu,  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan partisipasi  belajar  siswa  menggunakan  metode  pembelajaran cooperative  script.  Jenis penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dengan  subyek  penelitian  kelas  VIII  A  SMP  Negeri  2 Karanggayam tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012 pada pokok  bahasan  Gaya.Instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  lembar observasi  partisipasi  siswa,  angket partisipasi  siswa,  angket  respon  siswa  terhadap  pembelajaran,  dan  tes  akhir  siklus.Analisis  data menggunakan  teknik persentase  yang  dihitung  dengan  bantuan  Microsoft  Excel  2010.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwametode
pembelajaran  cooperative script  dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam  tahun pelajaran 2012/2013. Partisipasi belajar siswa meningkat dari 57,02%  pada pra siklus menjadi 64,91% pada siklus 1 dan meningkat kembali menjadi 75,88% pada siklus 2. Peningkatan partisipasi belajar siswa ikut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata tes semester yang lalu sebesar 58 meningkat menjadi 71 pada tes akhir siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 81 pada tes akhir siklus 2. Respon siswa pun sangat positif terhadap pembelajaran  cooperative  script.  Respon  siswa  terhadap  pembelajaran  sebelumnya  sebesar  66,8%  sedangkan  respon
siswa terhadap pembelajaran cooperative script sebesar 69% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 75,4%.
Kata Kunci
Cooperative Script, Partisipasi Belajar
Metode Penelitian
Jenis  penelitian  yang  dilaksanakan  adalah  penelitian tindakan  kelas  (PTK).
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang ada pada jurnal ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa saat proses belajar mengajar yang sedang berlangsung dengan menggunakan metode Kooperatif.
Subyek Penelitian
Penelitian dilakukan  di  SMP  Negeri  2  Karanggayam. Kelas yang akan diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa  sebanyak  38  siswa  yang  terdiri  dari  16  putri  dan  22 putra. Pengambilan subyek penelitian ini dipilih berdasarkan hasil  observasi  guru  mata pelajaran  karena  kurangnya partisipasi siswa di kelas tersebut.
Kekuatan Penelitian
Penelitian yang di tulis dalam jurnal ini sudah sangat baik dengan sususnan penelitian yang sangat sistematis sehingga dalam penyajian yang ada dapat memudahkan untuk di pahami baik dari sisi struktur imiah dan dari sisi lainya. Data-data yang tercantum dalam jurnal ini sudah relevan dan mudah di pahami. Selain itu, dalam penggunaan metode yang dilakukan peneliti sudah sangat membantu membuat jurnal ini semakin relevan yaitu dengan menggunakan PTK. Karena dengan menggunakan PTK penelitian akan semakin baik karena dapat mengamati dan merasakan apa yang sebenarnya terjadi pada suatu kasus yang di pilih dan yang di jadikan sebagai topik pembahasan.
Kesimpulan
Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan,  peneliti mengambil  simpulan  bahwa  metode  pembelajaran cooperative  script  dapat  meningkatkan  partisipasi  belajar siswa  kelas  VIII  A  SMP  Negeri  2  Karanggayam  tahun pelajaran  2012/2013.  Partisipasi  belajar  meningkat  dari 57,02% pada pra siklus  menjadi 64,91% pada siklus 1 dan 75,88% pada siklus 2. Peningkatan partisipasi belajar siswa
diikuti  oleh  peningkatan  prestasi  belajar  siswa.  Nilai  ratarata tes semester yang lalu sebesar 58 meningkat menjadi 71 pada tes akhir siklus 1 dan 81 pada tes akhir siklus2. Respon siswa pun sangat positif terhadap pembelajaran  cooperative script.  Respon  siswa  terhadap  pembelajaran  sebelumnya sebesar  66,8%  sedangkan  respon  siswa  terhadap pembelajaran cooperative script sebesar 69% dan meningkat
pada siklus 2 menjadi 75,4%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam