19 Desember 2015

Makna dan Devinisi Kerja Menurut Para Ahli

DIVINISI KERJA
Arti kerja
Kerja merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan itu bisa bermacam-macam, berkembang dan berubah, bahkan seringkali tidak disadari oleh pelakunya. Seseorang bekerja karena ada sesuatu yang hendak dicapai, dan orang berharap bahwa aktivitas kerja yang dilakukannya akan membawanya kepada suatu keadaan yang lebih memuaskan daripada keadaan sebelumnya.
Dengan demikian dapat dikatakan, bahwa pada diri manusia terdapat kebutuhan-kebutuhan yang pada saatnya membentuk tujuan-tujuan yang hendak dicapai dan dipenuhi. Demi mencapai tujuan-tujuan itu, orang terdorong melakukan suatu aktivitas yang disebut kerja. Tetapi tidak semua aktivitas dikatakan kerja, karena menurut Dr Franz Von Magnis, dalam bukunya “sekitar manusia; bunga rampai Tentang Filsafat Manusia”,  pekerja dalah kegiatan yang direncanakan. Jadi pekerjaan itu  memerlukan pemikiran yang khusus dan tidak dapat dijalankan oleh binatang. Yang dilaksanakan tidak hanya pelaksanaan kegiatan itu sendiri menyenangkan, melalaikan karena itu mau dengan sungguh-sungguh mencapai suatu hasil yang kemudian berdiri sendiri atau sebagai benda karya, tenaga dan sebagainya, atau sebagai pelayanan terhadap masyarakat, termasuk dirinya sendiri. Kegiatan itu dapat berupa pemakaian tenaga jasmani maupun rohani.
Menurut Hegal (1770-1831), inti pekerjaan adalah kesadaran manusia. Pekerjaan memungkinkan orang dapat menyatakan diri secara obyektif ke dunia ini, sehingga ia dan orang lain dapat memandang dan memahami keberadaan dirinya.
#psikologi kerja hal 11-12 (PANJI ANORAGA, S.E., M.M. 2014)
#lebih lengkap bisa lihat langsung dibukunya
#semoga bermanfaat

Nasrudin.9455@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapkan Salam